Selasa, 25 Maret 2014

Jhonathan Sianipar

Sugar Glider


Artikel kali ini saya akan menceritakan tentang hewan peliharaan yang saat ini diminati banyak orang termasuk aku.Sugar Glider atau dalam bahasa latinnya Petaurus breviceps adalah sejenis tupai pohon dgn ukuran yang relative kecil dengan ukuran tubuh kira-kira 24-30 cm dengan berat 4-6 ons.dan karena bentuk nya yang kecil makanya disebut hewan peliharaan dalam saku.Menurut aku tubuhnya imut dan mimik mukanya yang unyu-unyu itu akan mudah membuat banyak orang jatuh cinta kepadanya.

Hewan ini berasal dari belantara Papua, Tasmania Australia, Papua New Guinea. Sugar Glider memiliki jari-jari kaki yang besar pada kaki belakang yang berfungsi untuk membantu berpegangan lebih kuat pada cabang pohon. Dan yang unik lagi di antara pergelangan tangan dan ditutupi dengan bulu atau membran yang disebut Patagium. Jadi dikala Mereka membentangkan tangan dan kaki, patagium ini akan tampak seperti sayap yang membuat Sugar glider melayang di udara.

1331092506349369255

Kalau Sugar glider dewasa umur nya sekitar 2 tahun bagi yang jantan dan untuk betina 7 hingga 15 bulan.Sugar glider yang betina hamil selama 14 -16 hari kemudian melahirkan 1 / 2 ekor anak,kadang 3 ekor. Bayi Sugar glider berkembang di dalam pelukan induknya sampai dia bisa mempertahankan hidupnya sendiri.

Sugar Glider merupakan nocturnal omnivora, Karena mereka aktif mencari makan di malam hari. Di habitat aslinya mereka terbiasa berburu serangga kecil seperti jangkrik dan ulat kecil ,juga getamanis dari pohon akasia dan eucalyptus. Dan itulah sebabnya kenapa dia dinamakan sugar glider, karena selain hobi meluncur dari ketinggian hingga berasa terbang layaknya batman hehe, mereka juga menyukai makanan bercita rasa manis loh.

Tetapi walalupun si lucu ini tergolong pemakan segalanya, Tapi dia juga punya mood yang gonjang ganjing layaknya manusia dalam memilih makanan, misalnya hari ini makan pisang besok belum tentu mau makanan yang sama hihihihihi…nakal bener ya. Jadi untuk makanan sehari hari sebaiknya diberi variasi dan ada rotasi, buah-buahan yang bisa dipilih diantaranya pear, apel, pisang, papaya, anggur dll. Sedangkan kebutuhan protein dapat diperoleh dari telur, keju, pet food (dengan protein dan kalsium tinggi namun kandungan magnesium yang rendah tidak lebih dari 0,01% karena dikhawatirkan bisa merusak ginjalnya). Selain makanan yang mencukupi, kewan menggemaskan ini juga butuh minum, berikanlah air matang untuk minum mereka.


Oh iya kotoran Sugar glider ini gak bau loh asalkan kita ngasih makanan yang benar buat mereka.Yang paling penting jika kita mau memelihara hewan yang satu ini berikan kandang yang luas dan nyaman, selalu rawat kebersihan hewan dan kandangnya dan jangan lupa periksakan kesehatannya di dokter hewan terdekat ya.....Harga nya sekitar 300 Ribu sampai 700 Ribuan kalau Di Pekanbaru gak tau kalau di kota lain mungkin sama :)Sekian dulu artikel dari saya tentang Sugar glider .... Bye .......

BIODATA



*Nama    : Jhonathan.Sianipar
*TTL        : 02 Juni 1999
*Kelas     : IX 9
*Sekolah : SMPN 01 Mandau Pematang Pudu
*Alamat   : Jalan Nusantara 1
*Umur      : 15 Tahun
*Berat      : 48
*Tinggi    : 170
*Email     : EmailGua_77@yahoo.com
*Hobi       : Main Gitar,Main Ps dll
*Warna    : Merah
*Cita2      : Pingin Sukses dalam Bermusik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar